Jumat, 13 Agustus 2010

Sepeda Ontel Disulap Jadi Motor


Bandung - Bila dilihat sekilas, memang nampak seperti sepeda ontel biasa. Ada kayuhan, setang sepeda, dan ban seukuran sepeda. Ternyata Roundtank bukan sembarang sepeda ontel. Jadi, apa itu Roundtank? Ternyata, Rountank adalah sepeda ontel yang dipasang mesin.

Kendaraan ini yang selayaknya dikatakan sepeda motor, sebab ini benar-benar merupakan sepeda yang diberi motor. Saat dinyalakan, suara bising dan asap knalpot khas mesin dua roda tak menenggelamkan bayangan kita tentang sepeda ontel.

Uniknya, Roundtank ini tak bisa diperoleh di diler atau showroom layaknya sepeda motor lainnya. Tidak ada Roundtank asli karena semuanya handmade.

"Ini kita buat dari sepeda onthel. Tapi banyak yang kita potong-potong untuk dudukan mesin. Nah, mesinnya biasanya kita pakai mesin stamper (timbris), alat untuk meratakan jalan. Itu kapasitasnya 80 cc. Tapi ada juga yang pakai mesin gokart, kapasitasnya 180cc. Motor kalah tuh," ujar M. Irfan Agustian (32), Ketua Harian Barudak Roundtank Bandung (Baron).

Proses pembuatan Roundtank dari bahan mentah hingga jadi memang memakan waktu tidak sebentar. Paling cepat 1 bulan, itu juga kalau dikerjakan ramai-ramai. Rata-rata produksi bisa memakan waktu satu setengah hingga tiga bulan. Apalagi kalau diminta detil, waktu produksi bisa memakan waktu lebih dari tiga bulan.

Ketika dilihat, memang hampir tidak ada Roundtank yang serupa. Semuanya berbeda, minimal mirip di satu bagian saja. Misalnya, mesin ada yang sama-sama menggunakan mesin stamper.

"Ya Roundtank punya saya ini dibuatnya sekitar 1,5 bulan. Santai sih. Kalau soal bahan baku, kita emang sudah punya supplier. Soal spare part lain, kita ambil punya motor. Contohnya piston bisa pakai punya suzuki RC-100. Lalu rem pake teromol motor bebek. Karburator juga pakai punya motor dua tak," jelas Irpan.

Kreativitas komunitas ini memang patut diacungi jempol. Bahkan kreativitas mereka tersohor hingga daerah lain. Hebatnya, tidak hanya dari pihak lokal, kreativitas mereka juga diacungi jempol oleh bikers mancanegara.

"Ya kita pernah diminta buat Roundtank sama orang Kanada. Malaysia juga pernah. Kalau lokal, paling jauh sudah sampai Kalimantan dan Bali," ungkap Irpan.


detik.com

3 komentar:

  1. Siip dah kreatif abiz..
    Ilike this Good Luck!

    BalasHapus
  2. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
    keep update!mobil masa depan

    BalasHapus
  3. harga daihatsu xenia bekas3 April 2014 pukul 01.20

    Jangan berhenti untuk terus berkarya,semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga
    Daihatsu Xenia Bekas

    BalasHapus